No Image Available

Relasi Islam – Dayak

 Author: Wilson ; editor, Masri Sareb Putra  Category: Budaya, Teologi Kontekstual  Publisher: Lembaga Literasi Dayak (LLD)  Published: 2016  ISBN: 978-602-74714-3-6  Pages: 200  Country: Indonesia  Language: Indonesia  Download
 Description:

Islam datang ke Indonesia sejak abad ke-13 melalui hubungan perdagangan antara pedagang Gujarat, India, dengan kerajaan Samudra Pasai. Kemudian berkembang pesat sampai dengan abad ke-17, dimana para sufi dan ulama memegang peranan besar.

Islam hadir di bumi Borneo diperkirakan sekitar abad ke-15. Kehadiran Islam di Pulau terbesar ketiga di dunia ini merupakan proses pergulatan dalam sejarah yang menarik karena berinteraksi dengan penduduk asli, yakni suku Dayak dengan adat istiadat tradisi dan kebudayaan yang ketat. Sebelum Islam masuk Pulau Borneo penduduk aslinya, suku Dayak masih memeluk agama lama atau agama setempat yang disebut Kaharingan.

Islam dapat hadir dan berkembang di tengah-tengah penduduk asli Kalimantan tetap berada dan dipengaruhi saat kekuasaan atau kerajaan bernuansa Islam berpihak kepadanya. Sementara peran tokoh lokal dalam kehadiran Islam juga memiliki pengaruh yang signifikan.

Bagaimana relasi Islam Dayak sejauh ini dan ke depan? Akankah tetap harmonis? Ataukah ada sisi-sisi rawan tertentu yang berpotensi memicu konflik dan meletakkan relasi kebudayaan keduanya menjadi disharmonis?

Buku yang di konversi dari penelitian ini menjawabnya tuntas.

Relasi Islam Dayak

Harga: Rp. 100.000,- (belum ongkos kirim)


Other Books From - Budaya




Other Books By - Wilson ; editor, Masri Sareb Putra


No Books Available!


 Back