No Image Available

Dilema Transformasi Budaya Dayak

 Author: Roedy Haryo Widjono AMZ  Category: Etnografi  Publisher: Lembaga Literasi Dayak (LLD)  Co-Publisher: Bibliopedia.id  Published: 2016  ISBN: 978-602-74291-5-4  Language: Indonesia  Harga: Rp. 75.000,-  Beli dari LLD
 Description:

Judul buku ini mencerminkan kekhawatiran mendalam terhadap perubahan budaya yang sedang dialami oleh masyarakat Dayak. Proses transformasi budaya ini telah membawa budaya Dayak ke dalam interaksi dengan budaya asing, yang berpotensi menghasilkan perubahan yang signifikan dalam kehidupan dan identitas mereka.

Buku ini menyoroti bahaya bahwa transformasi budaya ini dapat mengancam identitas manusia Dayak dan budaya mereka. Oleh karena itu, buku ini mengajukan solusi untuk menghindari hal tersebut: menjaga identitas mereka melalui literasi budaya.

Melalui literasi budaya, masyarakat Dayak dapat memahami dan memelihara nilai-nilai, tradisi, dan identitas budaya mereka dalam menghadapi arus perubahan budaya yang datang dari luar.

Buku ini menyampaikan pesan penting bahwa meskipun perubahan budaya tidak dapat dihindari, penting untuk mempertahankan akar budaya yang kaya dan unik sebagai bagian integral dari identitas manusia Dayak.


Other Books From - Etnografi


No Image Available Bangkule Rajakng, Sejarah Sebuah Kerajaan Etnografi Apon Angiem (alm.) dan Budi Miank (editor)
No Image Available Agama asli Suku Dayak Etnografi, Teologi Kontekstual Tiwi Etika, R. Masri Sareb Putra, Wilson
No Image Available Prosiding Kongres Internasional I Kebudayaan Dayak : Bengkayang, 6 Juni 2017 Etnografi Tiwi Etika...[et al.]; editor, R. Masri Sareb Putra, M.S.Gumelar, Bambang Bider
No Image Available Truly Asia a Short Explanation of Rural and Urban Etnografi Albertus Yustinus Imas, Mira S. Lubis
No Image Available Kalimantan Utara di Mata Saya Etnografi, Sosiologi Handoko Widagdo
No Image Available Budaya Tenun Ikat Dayak Keninjal Melawi Etnografi Kristianus ; editor, Magdalena


Other Books By - Roedy Haryo Widjono AMZ


No Books Available!


 Back